Learning Cycle
5E
|
Konvensional
|
Modifikasi
|
||
Aktivitas
|
Keterampilan
4C
|
Aktivitas
|
Keterampilan
4C
|
|
Engagement
|
· Guru
memberikan arahan mengenai alat dan bahan praktikum
· Guru
melakukan demonstrasi mengenai contoh
gelombang transversal menggunakan tali dan siswa diminta memperhatikan
|
Communication
dan Collaborative
|
Guru
memberikan link aplikasi pHet
kepada siswa dan meminta siswa untuk mencoba dan mengambil data pada aplikasi
tersebut dengan materi Gelombang Transversal
|
Communication
Komunikasi
terjadi ketika guru memberikan link aplikasi
pHet kepada siswa
Collaborative
Membangun
kerjasama untuk menggunakan aplikasi pHet
|
Exploration
|
Siswa
(dalam bentuk kelompok kecil) melakukan percobaan yang telah dilakukan guru
dan mencatat hasilnya
|
Communication,
Collaborative dan Creativity
|
Masing-masing
siswa membuka link aplikasi pHet
tersebut di hp atau laptop serta mencatat hasil percobaan
|
Critical
Thinkink
Proses
Critical Thinkink terjadi ketika
siswa menggunakan aplikasi dan mengolah data
Creativity
Siswa
dituntut kreatif saat menggunakan aplikasi.
Contohnya:
siswa memodifikasi amplitude gelombang
|
Explanation
|
Siswa
menjelaskan hasil percobaan yang telah dilakukan oleh masing-masing kelompok
|
Communication
|
Siswa
membagikan hasil tersebut didalam forum diskusi online
|
Communication
Communication terjadi ketika
masing-masing siswa membagikan hasil percobaannya melaluin forum diskusi
online
|
Elaboration
|
Siswa
mengkaitkan contoh gelombang transversal dalam kehidupan sehari-hari.
Contohnya:
menjelaskan kejadian pada tetesan air
|
Communication
dan Critical
Thinking
|
Masing-masing
siswa memberikan contoh tersebut di dalam kehidupan sehari-hari
|
Critical
Thinking
Siswa
menelaah kejadian dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan
gelombang transversal
Communication
Siswa
membagikan contoh tersebut ke dalam forum diskusi onine
|
Evaluation
|
Guru
mengevaluasi pemahaman siswa melalui kegiatan post test
|
Critical
thinking
|
Siswa
mengerjakan soal yang sudah guru sediakan di dalam forum diskusi online
|
Critical
Thinking
Siswa
menjawab soal yang telah diberikan oleh guru
|
Pertanyaan:
1. Bagaimanakah
gambaran umum mengenai pembelajaran Learning Cycle 5E?
2. Apa
saja tahap-tahap dalam pembelajaran Learning Cycle 5E?
3. Bagaimanakah
peran guru dalam pembelajaran Learning Cycle Siklus 5E?
4. Apa
saja konsep keterampilan 4C pada pembelajaran Learning Cycle 5E?
5. Apa
tujuan penerapan konsep 4C dalam pembelajaran Kurikulum K13?
Tugas Kegiatan Model Pembelajaran Siklus 5E:
RPP Modifikasi Suhu dan Perubahannya
Tugas Kegiatan Siswa dan Guru Distruptive Inovasi
Model Pembelajaran Learning Cycle
Model Pembelajaran Learning Cycle II
Tugas Kegiatan Model Pembelajaran Siklus 5E:
RPP Modifikasi Suhu dan Perubahannya
Tugas Kegiatan Siswa dan Guru Distruptive Inovasi
Model Pembelajaran Learning Cycle
Model Pembelajaran Learning Cycle II
Saya akan mencoba menjawab pertanyaan untu no :
BalasHapus1.gambaran umumnya pembelajaran learning cycle lebih menekankan kepada student center
2.tahap pembelajaran learning cycle 5E,yaitu;
1.Engagement
2.Ekploration
3.Eksplanation
4.Elaboration
5.Evaluation
Thanks devi๐๐
HapusSaya akan mencoba menjawab pertanyaan untu no :
BalasHapus1.gambaran umumnya pembelajaran learning cycle lebih menekankan kepada student center
2.tahap pembelajaran learning cycle 5E,yaitu;
1.Engagement
2.Ekploration
3.Eksplanation
4.Elaboration
5.Evaluation
1. Student center
BalasHapus2. Engagement, exploration, explanation, elaboration, evaluation
3. Sebagai fasilitator
4. Communication, collaborative, critical thinking and creativity
5. Untuk mengembangkan keterampilan siswa
Thanks lika๐๐
Hapusakan mencoba menjawab pertanyaan untu no :
BalasHapus1.gambaran umumnya pembelajaran learning cycle lebih menekankan kepada student center
2.tahap pembelajaran learning cycle 5E,yaitu;
1.Engagement
2.Ekploration
3.Eksplanation
4.Elaboration
5.Evaluation
Thanks lis jawabannya bener๐๐
Hapus2. tahapan learning cycle 5e
BalasHapusFase pendahuluan (Engegament )
Fase eksplorasi (Exploration)
Fase penjelasan (Explanation)
Fase Elaborasi (Elaboration)
Fase Evaluasi (Evaluation)
Thanks fadhilah๐๐
HapusTahap pembelajaran learning cycle 5E,yaitu;
BalasHapus1.Engagement
2.Ekploration
3.Eksplanation
4.Elaboration
5.Evaluation
Thanks cekgu๐๐
BalasHapus2. Tahap pembelajaran learning cycle 5E,yaitu;
BalasHapus1.Engagement
2.Ekploration
3.Eksplanation
4.Elaboration
5.Evaluation
2. - Engagement (mengajak), explaination (menjelaskan), exlaination (menjelaskan), elaboration (memperluas), evaluation (evaluasi)
BalasHapus1. Pembelajaran berpusat kepada siswa
BalasHapus2. Engagement, exploration, explanation, elaboration, evaluation
3. Sebagai fasilitator dan motivator
4. Communication, collaborative, critical thinking and creativity
5. Untuk meningkatkan motovasi belajar siswa karena siswa dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran
5. untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran berlangsung agar pembelajaran tersebut tidak hanya guru yang beraktifitas
BalasHapusSaya akan coba menjawab soal nomor 5..
BalasHapusTujuan penerapan konsep $C dalam pembelajaran Kurikkulum 2013 adalah untuk mencoba mempersiapkan SDM abad 21 sejak dini sehingga siswa mampu menjadi bagian kehidupan dari abad 21.
Gambaran umum 5E (learning cycle 5E) adalah salah satu model konstruktivis lengkap dalam kasus pembelajaran berbasis riset atau brainstorming yang digunakan di dalam kelas (Campbell dalam Tuna & Kacar, 2013).
BalasHapusJawabannya bagus dan sesuai dengan teori konsep 5e
HapusJelaskan apa pengertian dari model pembelajaran Cycle Learning 5E ?
BalasHapusSiklus belajar 5E (learning cycle 5E) adalah model pembelajaran konstruktivis yang menggabungkan antara hands-on, minds-on, dan penyelidikan ilmiah berbasis pedagogi.
Berbeda dengan metode pengajaran tradisional yang mendominasikan instruksi langsung dalam menyampaikan informasi, siklus belajar 5E dengan pendekatan hands-on di mana siswa dapat mengeksplorasi konsep baru, mengevaluasi kembali pengalaman masa lalu mereka, dan mengasimilasi atau mengakomodasi pengalaman baru dan konsep ke dalam skema yang sudah ada
Jelaskan peran keterampilan 4C dalam model pembelajaran Cycle Learning 5E ?
Keterampilan abad ke-21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) merupakan kemampuan sesungguhnya ingin dituju dengan Kurikulum 2013.
Tentu memiliki peran penting dalam langkah-langkah, acuan, dan cara menilai lebih terarah karenanya
Bagaiamna peran guru dalam mengaktifkan siswa yang tidak berkomunikasi (Collaborative ) dalam kelompok kecil ?
Peran guru adalah sebagai fasilisator untuk bertanya. Guru juga berperan memberikan motivasi untuk saling bertanya sehingga berjalan komunikasi dengan baik dan memperbaiki adanya miskonsepsi
Bagaimana peran guru dalam menumbuhkan proses berfikiri kritis (Critical thinking) pada siswa ?
Guru memberikan pertanyaan atau masalah sehingga siswa berusaha berpikir untuk memecahkan masalah tersebut
Jelaskan bagaimana komunikasi (Communication) yang terjadi pada saat menggunakan forum diskusi online ?
Komunikasi bisa dilakukan dengan lebih mudah karena pada umumnya orang yang memiliki kesulitan berbicara akan lebih mudah mengungkapkan melalui pesan teks. Media komunikasi dapat juga berupa audio maupun vidio.
Tahapan pembelajaran 5E terdiri atas Engagement, Exploration,Explanation, Elaboration dan Evaluation.
BalasHapusTahap pembelajaran learning cycle 5E,yaitu;
BalasHapus1.Engagement
2.Ekploration
3.Eksplanation
4.Elaboration
5.Evaluation
Tahap pembelajaran learning cycle 5E,yaitu;Engagement, EkplorationEksplanation,Elaboration, dan Evaluation
BalasHapusTahap pembelajaran learning cycle 5E,yaitu;
BalasHapus1.Engagement
2.Ekploration
3.Eksplanation
4.Elaboration
5.Evaluation
Saya akan mencoba menjawab pertanyaan no 2
BalasHapusTahapan pembelajaran Learning Cycle 5E
Ada 5 tahapan
1. Engagement (engage/keterlibatan)
2.Exploration (eksplore/penjelajahan)
3. Explanation (explain/menjelaskan)
4. Elaboration (elaborate/elaborasi)
5. Evaluation (evaluate/menilai)
Halo kak Eva, saya akan menjawab soal nomor 4 yakni, konsep keterampilan 4C terdiri, dari:
BalasHapus1. Critical Thinking
2. Communication
3. Creativity
4. Collaborative
Fase fase dalam pembelajaran learning cycle 5E adalah : 1.engagement,pada fase ini kegiatan fokus pada apersepsi dan motivasi untuk membangkitkan minat
BalasHapus2. Exploration, disini siswa menggali informasi sebanyak banyaknya untykengumpulkan data hasil studi literatur terkait materi
3. Explaination, siswa mulai menyusun data yang di dapat untuk kemudian dipaparkan hasilnya secara kelompok
4. Elaboration, siswa memadukan semua argumentasi yg didapat dari hasil explaination agar hasil diskusi klasikal berlangsung dengan baik
5.Evaluation, untuk menguji pemahaman siswa maka guru akan memberikan pertanyaan terkait pemaparan pembelajaran yang baru berlangsung
Ok itu saja komentarku mbk eva. ๐
Tahap-tahap pembelajaran learning cycle 5E,yaitu;
BalasHapus1.Engagement
2.Ekploration
3.Eksplanation
4.Elaboration
5.Evaluation