Rabu, 02 Oktober 2019

Dokumen Model dan Evaluasi Pembelajaran Learning Cycle Siklus 5E


Learning Cycle
5E
Konvensional
Modifikasi
Aktivitas
Keterampilan 4C
Aktivitas
Keterampilan 4C
Engagement
·     Guru memberikan arahan mengenai alat dan bahan praktikum
·     Guru melakukan demonstrasi  mengenai contoh gelombang transversal menggunakan tali dan siswa diminta memperhatikan
Communication dan Collaborative

Guru memberikan link aplikasi pHet kepada siswa dan meminta siswa untuk mencoba dan mengambil data pada aplikasi tersebut dengan materi Gelombang Transversal
Communication
Komunikasi terjadi ketika guru memberikan link aplikasi pHet kepada siswa

Collaborative
Membangun kerjasama untuk menggunakan aplikasi pHet
Exploration
Siswa (dalam bentuk kelompok kecil) melakukan percobaan yang telah dilakukan guru dan mencatat hasilnya
Communication, Collaborative dan Creativity
Masing-masing siswa membuka link aplikasi pHet tersebut di hp atau laptop serta mencatat hasil percobaan
Critical Thinkink
Proses Critical Thinkink terjadi ketika siswa menggunakan aplikasi dan mengolah data

Creativity
Siswa dituntut kreatif saat menggunakan aplikasi.
Contohnya: siswa memodifikasi amplitude gelombang

Explanation
Siswa menjelaskan hasil percobaan yang telah dilakukan oleh masing-masing kelompok
Communication
Siswa membagikan hasil tersebut didalam forum diskusi online
Communication
Communication terjadi ketika masing-masing siswa membagikan hasil percobaannya melaluin forum diskusi online
Elaboration
Siswa mengkaitkan contoh gelombang transversal dalam kehidupan sehari-hari.
Contohnya: menjelaskan kejadian pada tetesan air
Communication
dan Critical Thinking


Masing-masing siswa memberikan contoh tersebut di dalam kehidupan sehari-hari
Critical Thinking
Siswa menelaah kejadian dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan gelombang transversal

Communication
Siswa membagikan contoh tersebut ke dalam forum diskusi onine

Evaluation
Guru mengevaluasi pemahaman siswa melalui kegiatan post test

Critical thinking
Siswa mengerjakan soal yang sudah guru sediakan di dalam forum diskusi online
Critical Thinking
Siswa menjawab soal yang telah diberikan oleh guru

Pertanyaan:
1.       Bagaimanakah gambaran umum mengenai pembelajaran Learning Cycle 5E?
2.       Apa saja tahap-tahap dalam pembelajaran Learning Cycle 5E?
3.       Bagaimanakah peran guru dalam pembelajaran Learning Cycle Siklus 5E?
4.       Apa saja konsep keterampilan 4C pada pembelajaran Learning Cycle 5E?
5.       Apa tujuan penerapan konsep 4C dalam pembelajaran Kurikulum K13?

Tugas Kegiatan Model Pembelajaran Siklus 5E:
RPP Modifikasi Suhu dan Perubahannya 
Tugas Kegiatan Siswa dan Guru Distruptive Inovasi
Model Pembelajaran Learning Cycle
Model Pembelajaran Learning Cycle II 

27 komentar:

  1. Saya akan mencoba menjawab pertanyaan untu no :
    1.gambaran umumnya pembelajaran learning cycle lebih menekankan kepada student center
    2.tahap pembelajaran learning cycle 5E,yaitu;
    1.Engagement
    2.Ekploration
    3.Eksplanation
    4.Elaboration
    5.Evaluation

    BalasHapus
  2. Saya akan mencoba menjawab pertanyaan untu no :
    1.gambaran umumnya pembelajaran learning cycle lebih menekankan kepada student center
    2.tahap pembelajaran learning cycle 5E,yaitu;
    1.Engagement
    2.Ekploration
    3.Eksplanation
    4.Elaboration
    5.Evaluation

    BalasHapus
  3. 1. Student center
    2. Engagement, exploration, explanation, elaboration, evaluation
    3. Sebagai fasilitator
    4. Communication, collaborative, critical thinking and creativity
    5. Untuk mengembangkan keterampilan siswa

    BalasHapus
  4. akan mencoba menjawab pertanyaan untu no :
    1.gambaran umumnya pembelajaran learning cycle lebih menekankan kepada student center
    2.tahap pembelajaran learning cycle 5E,yaitu;
    1.Engagement
    2.Ekploration
    3.Eksplanation
    4.Elaboration
    5.Evaluation

    BalasHapus
  5. 2. tahapan learning cycle 5e
    Fase pendahuluan (Engegament )
    Fase eksplorasi (Exploration)
    Fase penjelasan (Explanation)
    Fase Elaborasi (Elaboration)
    Fase Evaluasi (Evaluation)

    BalasHapus
  6. Tahap pembelajaran learning cycle 5E,yaitu;
    1.Engagement
    2.Ekploration
    3.Eksplanation
    4.Elaboration
    5.Evaluation

    BalasHapus
  7. 2. Tahap pembelajaran learning cycle 5E,yaitu;
    1.Engagement
    2.Ekploration
    3.Eksplanation
    4.Elaboration
    5.Evaluation

    BalasHapus
  8. 2. - Engagement (mengajak), explaination (menjelaskan), exlaination (menjelaskan), elaboration (memperluas), evaluation (evaluasi)

    BalasHapus
  9. 1. Pembelajaran berpusat kepada siswa
    2. Engagement, exploration, explanation, elaboration, evaluation
    3. Sebagai fasilitator dan motivator
    4. Communication, collaborative, critical thinking and creativity
    5. Untuk meningkatkan motovasi belajar siswa karena siswa dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran

    BalasHapus
  10. 5. untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran berlangsung agar pembelajaran tersebut tidak hanya guru yang beraktifitas

    BalasHapus
  11. Saya akan coba menjawab soal nomor 5..
    Tujuan penerapan konsep $C dalam pembelajaran Kurikkulum 2013 adalah untuk mencoba mempersiapkan SDM abad 21 sejak dini sehingga siswa mampu menjadi bagian kehidupan dari abad 21.

    BalasHapus
  12. Gambaran umum 5E (learning cycle 5E) adalah salah satu model konstruktivis lengkap dalam kasus pembelajaran berbasis riset atau brainstorming yang digunakan di dalam kelas (Campbell dalam Tuna & Kacar, 2013). 

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawabannya bagus dan sesuai dengan teori konsep 5e

      Hapus
  13. Jelaskan apa pengertian dari model pembelajaran Cycle Learning 5E ?
    Siklus belajar 5E (learning cycle 5E) adalah model pembelajaran konstruktivis yang menggabungkan antara hands-on, minds-on, dan penyelidikan ilmiah berbasis pedagogi.
    Berbeda dengan metode pengajaran tradisional yang mendominasikan instruksi langsung dalam menyampaikan informasi, siklus belajar 5E dengan pendekatan hands-on di mana siswa dapat mengeksplorasi konsep baru, mengevaluasi kembali pengalaman masa lalu mereka, dan mengasimilasi atau mengakomodasi pengalaman baru dan konsep ke dalam skema yang sudah ada
    Jelaskan peran keterampilan 4C dalam model pembelajaran Cycle Learning 5E ?
    Keterampilan abad ke-21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) merupakan kemampuan sesungguhnya ingin dituju dengan Kurikulum 2013.
    Tentu memiliki peran penting dalam langkah-langkah, acuan, dan cara menilai lebih terarah karenanya

    Bagaiamna peran guru dalam mengaktifkan siswa yang tidak berkomunikasi (Collaborative ) dalam kelompok kecil ?
    Peran guru adalah sebagai fasilisator untuk bertanya. Guru juga berperan memberikan motivasi untuk saling bertanya sehingga berjalan komunikasi dengan baik dan memperbaiki adanya miskonsepsi
    Bagaimana peran guru dalam menumbuhkan proses berfikiri kritis (Critical thinking) pada siswa ?
    Guru memberikan pertanyaan atau masalah sehingga siswa berusaha berpikir untuk memecahkan masalah tersebut
    Jelaskan bagaimana komunikasi (Communication) yang terjadi pada saat menggunakan forum diskusi online ?
    Komunikasi bisa dilakukan dengan lebih mudah karena pada umumnya orang yang memiliki kesulitan berbicara akan lebih mudah mengungkapkan melalui pesan teks. Media komunikasi dapat juga berupa audio maupun vidio.

    BalasHapus
  14. Tahapan pembelajaran 5E terdiri atas Engagement, Exploration,Explanation, Elaboration dan Evaluation.

    BalasHapus
  15. Tahap pembelajaran learning cycle 5E,yaitu;
    1.Engagement
    2.Ekploration
    3.Eksplanation
    4.Elaboration
    5.Evaluation

    BalasHapus
  16. Tahap pembelajaran learning cycle 5E,yaitu;Engagement, EkplorationEksplanation,Elaboration, dan Evaluation

    BalasHapus
  17. Tahap pembelajaran learning cycle 5E,yaitu;
    1.Engagement
    2.Ekploration
    3.Eksplanation
    4.Elaboration
    5.Evaluation

    BalasHapus
  18. Saya akan mencoba menjawab pertanyaan no 2
    Tahapan pembelajaran Learning Cycle 5E
    Ada 5 tahapan
    1. Engagement (engage/keterlibatan)
    2.Exploration (eksplore/penjelajahan)
    3. Explanation (explain/menjelaskan)
    4. Elaboration (elaborate/elaborasi)
    5. Evaluation (evaluate/menilai)

    BalasHapus
  19. Halo kak Eva, saya akan menjawab soal nomor 4 yakni, konsep keterampilan 4C terdiri, dari:
    1. Critical Thinking
    2. Communication
    3. Creativity
    4. Collaborative

    BalasHapus
  20. Fase fase dalam pembelajaran learning cycle 5E adalah : 1.engagement,pada fase ini kegiatan fokus pada apersepsi dan motivasi untuk membangkitkan minat
    2. Exploration, disini siswa menggali informasi sebanyak banyaknya untykengumpulkan data hasil studi literatur terkait materi
    3. Explaination, siswa mulai menyusun data yang di dapat untuk kemudian dipaparkan hasilnya secara kelompok
    4. Elaboration, siswa memadukan semua argumentasi yg didapat dari hasil explaination agar hasil diskusi klasikal berlangsung dengan baik
    5.Evaluation, untuk menguji pemahaman siswa maka guru akan memberikan pertanyaan terkait pemaparan pembelajaran yang baru berlangsung
    Ok itu saja komentarku mbk eva. ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  21. Tahap-tahap pembelajaran learning cycle 5E,yaitu;
    1.Engagement
    2.Ekploration
    3.Eksplanation
    4.Elaboration
    5.Evaluation

    BalasHapus